Mesut Ozil Dukung Muslim Uighur, TV Cina Batal Tayangkan Arsenal vs Manchester City

BERITA AKTUAL ISLAM.COM, LONDON – – Salah satu saluran televisi Cina membatalkan penanyangan pertandingan antara Arsenal dan Manchester City setelah pemain tegah Arsenal, Mesut Ozil menyatakan dukungannya terhadap Uighur.

 

 

Menurut jadwal yang diterbitkan sebelumnya di akun resmi Weibo Liga, pertandingan Liga Premier yang berlangsung di London pada hari Minggu awalnya akan disiarkan langsung oleh saluran olahraga CCTV pada Senin (16/12/2019). Namun pada hari Minggu, CCTV mengganti jadwal penayangan Arsenal vs Manchester City dengan tayangan ulang pertandingan Tottenham vs Wolverhampton Wanderers.

 

 

Sebelumnya pada Jumat (13/12/2019), Ozil mengutuk tindakan represif Cina terhadap etnis minoritas muslim di wilayah Xinjiang. Ia juga mengkritisi diamnya umat dan negara-negara Islam di seluruh dunia.

 

 

“Quran dibakar… Masjid-masjid ditutup.. Madrasah-madrasah dilarang.. Para Ulama dibunuh satu per satu…,”ujar Ozil di akun media sosialnya.

 

 

“Umat Nabi Muhammad bungkam… Tidak merasa keberatan atau mengatakan apa pun…”imbuh Ozil.

 

 

Sementara itu, Arsenal pada hari Sabtu (14/12/2019) menyatakan berlepas diri dari pernyataan Ozil dan menegaskan bahwa pihaknya selalu berpegang pada prinsip untuk tidak melibatkan diri dalam politik.

 

 

Arsenal hanya salah satu tim asing yang menghadapi kemarahan para penyiar dan penonton Cina karena sikap politik seorang pemain. Sebelumnya hal yang sama juga pernah terjadi di dunia olahraga lainnya.

 

 

NBA pada Oktober lalu juga memicu reaksi serupa di Cina setelah manajer umum Houston Rockets, Daryl Morey berkicau di Twitter terkait dukungannya terhadap para demonstran pro-demokrasi Hong Kong.

 

 

Sebagai tanggapan, CCTV juga membatalkan siaran dua pertandingan pramusim NBA di Cina, dan Houston Rockets telah absen dari jadwal program CCTV dan raksasa internet Tencent selama musim ini. [ ]

 

Sumber: kiblat.net

 

 

4

Redaktur: admin [Berita Dunia Islam Paling Aktual & Terpercaya]

864

Like Fanpage Kami untuk Artikel Terbaru! Berita Aktual Islam 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *