Doa Setelah Shalat Dhuha

 

 

BERITA AKTUAL ISLAM.COM, JAKARTA– – Doa Shalat Dhuha, atau, doa selesai shalat Dhuha. Biasanya orang akan meminta atau memohon dimudahkan atau dilancarkan rezekinya.  Benarkah Rasulullah Saw mengajarkan setelah selesai Dhuha berdoa minta rezeki?

 

Tidak juga . Lalu apa doa yang diajarkan Rasulullah Saw? Berikut ini penjelasannya

 

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan,

 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

 

“ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM (artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali.”  ( HR. Bukhari)

 

Sebagian ulama menganjurkan doa ini dibaca seratus kali setiap shalat dhuha. Namun boleh juga tidak harus sampai 100 x sebab tidak ada dalil khususnya.

 

Lalu mengapa doanya tidak berkaitan dengan rezeki ? Katanya shalat dhuha identik untuk memperlancar rezeki.

 

Jadi begini penjelasannya. Sebenarnya bukan rezeki yang  tidak datang tapi dosa dosa kita yang menghalangi rezeki itu masuk

 

Kalau dosa-dosanya sudah diampuni, Insya Allah rezeki mengalir lancar karena penyumbatnya, penghalangnya ( dosa ) sudah tidak  ada. Jadi jangan langsung meminta dilancarkan rezeki dulu sementara dosa belum minta diampuni atau belon memohon taubat.

Tuntun ini boleh kita sebarkan kepada orang lain agar mau mengerjarkan atau mengamalkannya. Semoga dengan orang lain turut mengamalkannya kita juga dapat percikan pahala. Ingat Rasulullah Saw bersabda :

 

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim).

 

Selamat mencoba dan berbagi amal shalih. [ ]

 

3

Redaktur: admin [Berita Dunia Islam Paling Aktual & Terpercaya]

890

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *